SMK Negeri 1 Pangkalpiang

Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 02 April 2010

MODIFIKASI MOTOR

Menghitung Biaya Modifikasi Motor
Written by syachmy
Friday, 27 February 2009 07:00 - Last Updated Wednesday, 04 March 2009 05:44
Maklum saja, menambah piranti atau mengubah penampilan tidak pernah ada yang gratis.
Untuk itu, anda harus mengetahui dasar modifikasi. Agar biaya tidak membengkak.
AutomotiveRoll - Modifikasi motor bisa dibilang merupakan hobi yang terbilang mahal.
Maklum saja, menambah piranti atau mengubah penampilan tidak pernah ada yang gratis.
Bahkan dalam beberapa kasus malah membutuhkan biaya yang setara atau juga bisa lebih
mahal daripada harga motor itu sendiri.
Jika demikian, ada baik anda yang berniat memodifikasi tunggangan kesayangan membuat
perencanaan budget. Untuk itu, anda harus mengetahui dasar modifikasi.
Pada dasarnya ada 3 aspek yang bisa diubah pada kendaraan demi mengejar tampilan.
Pertama, untuk memberi kesan kekar kaki-kaki harus diubah. Kedua body, hal ini demi
memastikan kesempurnaan tampilan. Ketiga, mesin untuk memaksimalkan performa.
1 / 3
Menghitung Biaya Modifikasi Motor
Written by syachmy
Friday, 27 February 2009 07:00 - Last Updated Wednesday, 04 March 2009 05:44
Nah! mari kita bedah satu persatu. anda bisa menghitung biaya modifikasinya. Sebagai contoh
kita gunakan saja motor sport 4 tak.
Kaki-Kaki
Modifikasi sektor kaki-kaki membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika anda bertahan pada
komponen after market, maka biayanya tidak akan seberapa. Tapi mari berpikir soal mengejar
tampilan maksimal, maka terpaksa anda harus menengok komponen moge.
Harus diakui komponen kaki-kaki moge sangat mahal, apalagi jika anda bersikeras menebus
yang gress alias baru. Salah seorang biker dari Jakarta pernah menebus kaki-kaki baru Aprilia
RS 125 untuk modifikasi Tiger miliknya. Ia harus merogoh kocek sekitar 17 jutaan. Itu 4 tahun
lalu. Bayangkan sekarang. Mungkin anda harus rela menghabiskan dana sekitar 20 juta.
Untunglah di Indonesia tersedia banyak sekali limbah moge impor dari negara tetangga,
terutama Singapura. Jika hanya membutuhkan satu set kaki-kaki yang mencakup sok depan,
swing arm dan sok belakang, velg depan belakang dan perangkat rem, anda cukup
mengeluarkan dana 7-8 juta saja dan anda sudah bisa bawa pulang limbah GSXR, CBR, Aprilia
RS 125, atau Cagiva Mito.
Semuanya menggunakan upsidedown dan tahun produksi antara 5-10 tahun. Mau yang lebih
oke, misalnya memesan limbah model monoarm dan upsidedown doble disk? Silahkan
kucurkan dana 10 juta dan bawa pulang kaki-kaki Honda RVF atau Ducati.
Jika anda beruntung bukan tidak mungkin memperoleh tahun yang lebih muda, sebut saja
belum 5 tahun. Tapi itu sangat sulit. Pilihan lain yang lebih murah, cari saja tipe GSX/F atau
CB/R yang masih menggunakan sok depan teleskopik. Angka di atas akan terpangkas menjadi
5-6 juta saja. Lebih murah bukan?
Body
aura sebuah motor dengan aliran yang jelas mengharuskan pula diubahnya sektor body. Bagi
yang mencukupkan diri dengan ubahan kaki-kaki, biasanya untuk kepentingan harian (modif
harian). Lain hal yang menginginkan kontes, ubahan body adalah kudu alias wajib.
Mengubah body juga bukan barang gampang dan murah. Tidak gampang karena harus siap
merelakan motor anda menginap beberapa hari di sebuah workshop modif. Kalau ingin
gampang sih, tebus saja body bolt-on yang sudah dicetak massal di toko-toko variasi. Lebih
murah. Harganya antara 1,5- 2jt saja. Pasang pun lebih cepat. Tapi jangan kecewa jika
bentuknya pasaran, catnya seadanya, modelnya pun kaku dan kasar.
Bagi yang lebih freak, sebaiknya menemui bengkel modifikasi body yang punya reputasi.
2 / 3
Menghitung Biaya Modifikasi Motor
Written by syachmy
Friday, 27 February 2009 07:00 - Last Updated Wednesday, 04 March 2009 05:44
Selanjutnya silahkan pesan sesuai aliran yang diinginkan. Jika memesan full dress up aliran
streetfighter, anda akan merogoh kocek sekitar 5-6 juta. Sementara jika menginginkan tampilan
sportbike fullfairing, lengkap dengan deltabox dan lampunya, silahkan persiapkan tambahan
dana 2 juta lagi. Ya bisa saja habis dana antara 7-8 juta.
Mesin
Modifikasi mesin? Mungkin ini prioritas terakhir saja. Artinya bisa dipakai bisa tidak. Tak banyak
berpengaruh dari sisi tampilan kok. Tapi bagi sebagian orang, justru ini yang pertama.
Modifikasi mesin atau yang lazim disebut korek atau oprek mesin pada 4 tak sangat mahal.
Banyak komponen yang harus dikilik dan rata-rata berharga mahal. Biasanya modifikasi disertai
pula penggantian komponen-komponen mesin dengan yang berspek balap, dan mengubah
penyetelan alias durasi, lift, timing, dan seterusnya, juga melakukan porting dan bore-up.
Bersamaan dengan itu perangkat pengapian seperti CDI, magnet, dan pembuangan seperti
knalpot juga wajib diganti. Semua itu demi melayani perubahan pada masing-masing sektor
mesin sehingga kompatibel dan tidak mubazir, atau m,alah agar tidak membahayakan mesin itu
sendiri. (roll/kafemotor.org)
3 / 3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar