SMK Negeri 1 Pangkalpiang

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Jumat, 26 November 2010

contoh rpp penjas smt 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
6.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan keterampilan pola pertahanan dan penyerangan dalam bermain bola voli.
- Mengimplementasikan peraturan pertandingan dan perwasitan
- Mengaplikasikan nilai kerjasama kelompok, pantang menyerah dan fair play

C. Materi Pokok
Bola Volly Lanjutan

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Bermain voli dengan menekankan pola penyerangan dengan menggunakan sistem 5 smasher 1 set upper dan dengan melindungi penyerang (cover smash)
- Bermain voli menekankan pola pertahanan dengan melakukan block individu maupun berteman serta dibantu oleh cover block.
- Praktek menjadi wasit bola voli:
Pada saat bermain voli satu peserta didik sebagai wasit I dan satu peserta didik sebagai wasit II serta dibantu oleh 4 orang hakim garis (linesman)
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan menjadi 4 staf diadakan evaluasi/ koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media/ Alat
Lapangan sepak bola, bola kaki, bendera kecil, peluit, stop watch.

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
6.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
a. Menggunakan keterampilan pola pertahanan dan penyerangan.
b. Mengimplementasikan peraturan pertandingan dan perwasitan
c. Mengaplikasikan nilai kerjasama kelompok, pantang menyerah dan fair play

C. Materi Pokok
Sepak bola Lanjutan

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Bermain sepak bola dengan menekankan penyerangan, dalam melakukan serangan diperlukan beberapa hal, antara lain:
• adanya pemain sebagai pengatur serangan
• adanya pemain bertugas membantu serangan
• adanya pemain yang bertugas sebagai penembak utama untuk mencetak gol
Pola penyerangan dalam sepak bola dilakukan dengan cara: melakukan gerakan tersusun, bermain menghadapi pertahanan sekuat tembok, mencari ruang kosong.
- Bermain dengan pola pertahanan
Pola bertahan dilakukan dengan cara: man to man, zona marking dan kombinasi
- Bermain sepak bola dengan lapangan kecil dengan pemain tiap kelompok 6 orang
- Berlatih menjadi wasit
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan menjadi 4 staf diadakan evaluasi/ koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media/ Alat
Lapangan sepak bola, bola kaki, bendera kecil, peluit, stop watch.

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.
Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
6.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan keterampilan pola pertahanan dan penyerangan dalam bermain bola basket.
- Mengimplementasikan peraturan pertandingan dan perwasitan
- Mengaplikasikan nilai kerjasama kelompok, pantang menyerah dan fair play.

C. Materi Pokok
Bola Basket Lanjutan

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Sebelum bermain basket didahului dengan mengulang latihan teknik dasar dribble, lempar tangkap, shooting.
- Bermain basket dengan formasi 3 pemain sebagai forward dan 2 pemain sebagai guard dengan mempraktekkan teknik penyerangan berpola dan mempraktekkan sistem serangan kilat pada saat dapat merebut bola dari penguasaan lawan.
- Apabila dikuasai lawan segera membuat pola pertahanan dengan mempraktekkan penjagaan satu lawan satu.
- Praktek menjadi wasit bola basket.
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan menjadi 4 staf diadakan evaluasi/ koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek SMA Kelas XII oleh Muhajir
Alat : Lapangan bulutangkis, net bulutangkis, raket, shuttle cock.

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan melakukan tes perbuatan.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
6.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menerapkan strategi dan taktik permainan ganda putra dan ganda putrid dalam permainan bulu tangkis.

C. Materi Pokok
Bulutangkis

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Sebelum bermain bulutangkis ganda, terlebih dahulu melakukan teknik pukulan dan gerakan kaki.
- Taktik permainan ganda.
Taktik permainan ganda dilakukan dengan tiga macam yaitu:
a. Sistem berdampingan (side bu side)
Dalam sistem ini lapangan terbagi menjadi dua bagian yang sama besar. Setiap pemain mempunyai tigas mempertahankan daerah masing-masing.
b. Sistem depan belakang (front and back)
Dalam sistem ini menempatkan posisi pemain satu orang di depan dan lainnya pada posisi di belakang.
c. Sistem bergantian (circulative)
Dalam sistem ini menggabungkan antara kedua sistem tersebut.
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan menjadi 4 staf diadakan evaluasi/ koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek SMA Kelas XII oleh Muhajir
Alat : Lapangan bulutangkis, net bulutangkis, raket, shuttle cock.

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
6.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan bila menghadapi situasi tertentu dalam perlombaan atletik.
- Mengimplementasikan peraturan pertandingan dan perwasitan.
- Mengaplikasikan nilai kerjasama, percaya diri dan pantang menyerah.

C. Materi Pokok
Atletik (peraturan perlombaan)

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok putra dan kelompok putri.
- Kelompok putra mencoba melakukan perlombaan nomor lari jarak pendek (100 meter)
- Kelompok putri mencoba melakukan perlombaan nomor lompat jauh.
- Setelah masing-masing kelompok menyelesaikan tugasnya dilanjutkan bergantian melakukan perlombaan tersebut (gentian putra lompat jauh dan putri melakukan lari 100 m).
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan menjadi 4 staf diadakan evaluasi/ koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek SMA Kelas XII oleh Muhajir
Alat : Lintasan lari, stop watch, bendera start, bak pasir lompat jauh, roll meter.

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan mengadakan tes perbuatan.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

G. Kompetensi Dasar
6.4 Mempraktikkan keterampilan beladiri secara berpasangan dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri.

H. Indikator
- Menerapkan strategi dan taktik permainan dan pertahanan dalam olahraga beladiri.

I. Materi Pokok
Pencaksilat (strategi dan taktik penyerangan)

J. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Sebelum berlatih berpasangan diwakili dengan mengulang gerakan dasar/ teknik dasar pencak silat.
- Berlatih secara berpasangan
• Satu barisan melakukan serangan tangan, barisan lainnya melakukan tangkisan tangan.
• Serangan diteruskan dengan melakukan tendangan perut, barisan yang bertahan melakukan hindaran kesamping.
- Gerakan tersebut diatas dilakukan secara bergantian
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan menjadi 4 staf diadakan evaluasi/ koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

K. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Lapangan (aula), pelindung dada.

L. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan yang dipraktekkan.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
7.1 Mempraktikkan program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani.

B. Indikator
- Melakukan program latihan fisik jangka menengah untuk pemeliharaan kebugaran jasmani.

C. Materi Pokok
Kebugaran jasmani (Periodesasi Latihan Kebugaran)

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok tiap-tiap kelompok melakukan latihan fisik sebagai berikut:
- Kelompok satu berlatih sit-up selama 30 detik
- Kelompok dua berlatih push-up selama 30 detik
- Kelompok tiga berlatih lari ditempat selama 30 detik
- Kelompok empat melakukan latihan lari bolak-balik (shuttle run)
- Hasil dari latihan dicatat hasilnya dan denyut nadi selama 15 detik
- Setelah kelompok menyelesaikan tugasnya gantian melakukan latihan sit up, push up, lari ditempat dan shuttle run.
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan menjadi 4 staf diadakan evaluasi/ koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Lapangan, stopwatch.

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan peserta didik.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
8.1 Mempraktikkan rangkaian gerakan senam lantai serta nilai percaya diri, tanggung jawab, kerjasama dan percaya kepada teman.

B. Indikator
- Melakukan lompat kangkang diatas peti lompat
- Berguling depan diatas peti lompat

C. Materi Pokok
Senam lantai (senam ketangkasan)

M. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Sebelum melakukan lompat diatas peti lompat, latihan melompati teman sendiri.
- Lompat kangkang diatas peti lompat tingkat dua
- Lompat kangkang diatas peti lompat yang bertingkat tiga
- Latihan berguling depan diatas peti lompat
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

N. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Aula, peti lompat, matras.

O. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan mengadakan tes perbuatan.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
9.1 Mempraktikkan rangkaian gerak senam aerobic dengan iringan musik serta nilai kerjasama, disiplin, keluwesan dan estetika.

B. Indikator
- Menciptakan rangkaian gerak senam aerobic

C. Materi Pokok
Senam aerobik

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok
• Kelompok satu diberi tugas membuat gerakan kepala dan bahu
• Kelompok dua diberi tugas untuk membuat gerakan senam aerobik yang menggerakkan lengan
• Kelompok tiga diberi tugas untuk membuat gerakan yang melibatkan/ menggerakkan persendian bahu
• Kelompok empat diberi tugas untuk membuat gerakan senam aerobik yang melatih persendian kaki
Setelah itu semua gerakan kreasi peserta didik dirangkaikan menjadi gerakan senam aerobik
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang baru dilakukan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Aula, tape recorder, kaset tape recorder.

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
10.1 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk kepentingan bermain di air dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleransi kerja keras dan keberanian.

B. Indikator
- Melakukan perlombaan renang gaya dada dengan jarak 25 meter
- Melakukan perlombaan renang gaya bebas dengan jarak 25 meter

C. Materi Pokok
Renang gaya dada dan gaya bebas

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Peserta didik dibariskan menjadi 5 banjar ke belakang
- Banjar pertama bersiap untuk berlomba menempuh jarak 25 meter
- Diteruskan banjar berikutnya sampai selesai, setelah gaya dada selesai diteruskan gaya bebas.
- Setelah gaya bebas selesai dilakukan oleh semua peserta didik diteruskan dengan variasi lomba yaitu lomba gaya ganti (gaya dada dan gaya bebas)
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

P. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : kolam renang, pelampung

Q. Evaluasi
Penilaian dilakukan pada saat kegiatan dilakukan dengan pengamatan langsung.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
11.1 Mengevaluasi kegiatan disekitar sekolah serta nilai, percaya diri, kebersamaan, saling menghormati, toleransi etika dan demokrasi.

B. Indikator
- Merumuskan permasalahan yang terjadi pada kegiatan di sekolah
- Mencari pemecahan masalah yang terjadi pada kegiatan di sekolah
- Membandingkan antar kegiatan di sekolah
- Merancang kegiatan sekolah untuk masa yang akan datang

C. Materi Pokok
Kegiatan luar kelas (Out Door Education)

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan, berdo’a bersama, presensi, penjelasan materi secara singkat dan pembagian kelompok
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok, tiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua dan seorang penulis.
- Masing-masing kelompok mencari permasalah-an yang ada di luar kelas
- Masing-masing kelompok berdiskusi mencari jawaban atas masalah yang ada
- Mendiskusikan dengan kelompok yang lain, hasil diskusi ditulis/ dicatat untuk dikumpulkan
- Studi banding dengan sekolahan lain disekitarnya
- Membuat program kegiatan sekolah
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, mengumpulkan tugas kelompok dan dievaluasi kegiatannya
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : kolam renang, pelampung

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan pada saat kegiatan dilakukan dengan pengamatan langsung.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : ……………………………………………
Alokasi Waktu : ……………………………………………

A. Kompetensi Dasar
12.1 Mempraktikkan pola hidup sehat

B. Indikator
- Mengkonsumsi makan dan minum sesuai dengan kebutuhan
- Mengatur waktu istirahat yang secukupnya

C. Materi Pokok
Pola hidup sehat

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan, berdo’a dan presensi serta penjelasan materi.
2. Inti
- Kelompok seperti saat kegiatan diluar kelas
- Mengadakan pemeriksaan kesehatan terhadap kelompoknya
- Mencatat hasil pemeriksaan kesehatan terhadap anggota kelompoknya
- Membuat jadwal kegiatan di rumah yang positif
- Melaporkan hasil pemeriksaan kesehatan kelompoknya
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi kegiatan.
- Informasi-informasi

E. Media/ Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : alat tulis

F. Evaluasi
Penilaian dengan mengamati/ mencermati hasil laporan kegiatan tiap-tiap kelompok.

Kartasura,………………2007
Guru Mapel

________________________
NIP.

contoh rpp penjas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan berbagai variasi, bentuk dan strategi penyerangan dalam permainan sepak bola.
- Menggunakan berbagai variasi, bentuk dan strategi pertahanan dalam permainan sepak bola.

C. Materi Pokok
Sepak Bola (Variasi Penyerangan dan Pertahanan)

D. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan teknik menyerang dengan cara :
• Gerakan tanpa bola
Pemain selalu bergerak untuk mencari tempat yang tidak terjaga oleh lawan
• Gerakan dengan bola dilakukan dengan cara :
• Operan satu-satu atau wall pass, teknik ini dimainkan oleh dua orang pemain untuk saling bekerja sama untuk memberi dan menerima operan.
• Lemparan kedalam
Lemparan kedalam dapat menjadikan serangan berbahaya bila dilakukan di daerah pertahanan lawan
Tendangan penjuru dan tendangan bebas
- Latihan teknik pertahanan dilakukan dengan cara :
• Penjagaan satu lawan satu (man to man marking)
• Penjagaan daerah (zona defence)
• Penjagaan gabungan (kombinasi) antara penjagaan satu lawan satu dan penjagaan daerah
- Latoihan bermain sepak bola dengan menerapkan pola menyerang dan bertahan

60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas




No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi


E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Bola kaki, lapangan sepak bola, peluit, bendera kecil

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan tes perbuatan



Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan berbagai variasi, bentuk dan strategi pola penyerangan.
- Menggunakan berbagai variasi, bentuk dan strategi pola pertahanan.
C. Materi Pokok
Bola voli (variasi penyerangan dan pertahanan)
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan teknik penyerangan dari posisi 2 ditujukan ke posisi 3 dan 4
- Latihan teknik penyerangan dari posisi 3 ditujukan ke posisi 2 dan 4.
- Latihan teknik penyerangan dari posisi 4 ditujukan ke posisi 3 dan 2

- Latihan pertahanan dengan menggunakan blocking tunggal.
- Latihan pertahanan dengan menggunakan blocking ganda
- Latihan pertahanan dengan menggunakan blocking tiga pemain
- Latihan cover block
- Teknik bermain dengan menggunakan variasi penyerangan penyerangan dan pertahanan
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi terhadap kegiatan yang baru saja dilaksanakan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Bola voli, net voli, lapangan voli, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dipraktekkan.


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Menggunakan berbagai vatriasi, bentuk dan strategi dalam permainan bola basket
- Mengaplikasikan nilai kerjasama kelompok pantang menyerah dan fair play dalam permainan.

C. Materi Pokok
Bola Basket (Variasi penyerangan dan variasi pertahanan)

D. Skenario Pembelajaran

No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diterusan dengan pemanasan
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Pola penyerangan dalam pemainan bola basket dapat dilakukan dengan cara :
• Set offence
Yaitu teknik serangan yang dilakukan dan dibangun dari bagian awal sampai penyelesaian akhirnya
• Fast break
Yaitu teknik serangan yang dilakukan secara serentak dan cepat, sebelum lawan membuat pola pertahanan.
• Shuffle
Yaitu teknik penyerangan yang dilakukan oleh semua pemain dari satu regu bergerak dari satu posisi ke posisi lain.
• Duble Pivot Offence
Yaitu menempatkan dua orang pemain berada jauh disudut daerah pertahanan lawan
• Give and go weave
Teknik penyerangan yang melibatkan semua pemain
• Drive, driving yaitu serangan secara cepat dan agresif oleh pemain

70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas




No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
- Pola pertahanan dengan menggunakan
• Zona defenfce (pertahanan daerah)
• Man to man defence (pertahanan oorang per orang)
• Screen switch defence (pertahanan anti tirai)
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Petunjuk Mengajar Olahraga di SLA oleh Depdikbud RI Jakarta
Alat :

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan



Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel



____________________
NIP.



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
2.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Teknik mengenal bola
- Melakukan teknik memukul bola

C. Materi Pokok
Tenis Meja

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Teknik mengenal bola dilakukan dengan cara menimang-nimang bola dengan menggunakan bad baik back hand maupun forehand serta ditempat maupun dengan berjalan
- Teknik memukul bola ke arah dinding
- Teknik memukul bola diatas meja dari arah forehand
- Teknik memukul bola diatas meja dari arah backhand
- Teknik memukul bola secara menyilang
- Bermain tenis meja dengan peraturan yang dimodifikasi
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi.
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Hasil penataran calon instruktur Penjas di Jakarta
Alat : Meja pingping, bad, net pingpong, stop watch, peluit

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Indikator
- Memukul bola / shuttle chock

C. Materi Pokok
Bulutangkis

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan diteruskan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan teknik memukul bola terdiri dari :
• servis pendek
• servis kejut
• servis mendatar
• servis panjang
- Latihan memukul bola shuttle chock dari arah :
• Mendatar (menyamping)
• Dari atas kepala, yang meliputi lob, dropshot, smash dan pukulan melingkar dari atas kepala
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi (koreksi) terhadap kegiatan yang telah dilakukan
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Raket, shuttle chock, net bulutangkis, lapangan bulutangkis

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.3 Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semanngat dan percaya diri

B. Indikator
- Melakukan keterampilan lompat jangkit

C. Materi Pokok
Lompat Jangkit

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
Latihan lompat jangkit meliputi :
- Cara melakukan awalan dalam lompat jangkit
- Cara melakukan tolakan pada waktu berjingkat
- Cara melakukan tolakan pada waktu melangkah
- Cara melakukan tolakan pada waktu melompat
- Teknik sikap mendarat
Latihan lompat jangkit secara keseluruhan
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi terhadap kegiatan yang telah dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Bak lompat jangkit, perata pasir, cangkul, roll meter

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
1.4 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beladiri secara berpasangan dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai lawan, kerja keras, percaya diri dan menerima kekalahan

B. Indikator
- Melakukan teknik serangan lengan (tangan)
- Melakukan teknik serangan tungkai (kaki)
- Melakukan teknik tangkisan
- Mengaplikasikan nilai kerjasama kelompok, pantang menyerah

C. Materi Pokok
Pencak Silat

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi serta penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
Latihan teknik pencak silat meliputi :
- Teknik serangan menggunakan lengan (tangan)
- Teknik serangan menggunakan tungkai (kaki)
- Teknik tangkisan
- Teknik latihan berpasangan yaitu satu orang melakukan serangan dan satunya melakukan tangkisan.
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi atau koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dilaksanakan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Pelindung dada, aula, stop watch.

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan

Kartasura, ……………..…… 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
2.1 Merancang program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.

B. Indikator
- Mengidentifikasi jenis latihan kebugaran jasmani yang sesuai kebutuhan
- Merencanakan program latihan fisik jangka pendek untuk pemeliharaan kebugaran jasmani

C. Materi Pokok
Pemeliharaan Kebugaran Jasmani

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, dan dipresensi serta penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Menjelaskan pentingnya membuat program kondisi fisik jangka pendek
- Bentuk-bentuk program latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani meliputi :
• latihan jalan kaki
• kari atau jogging
• bersepeda
• melakukan latihan jalan kaki menempuh jarak 3,2 km dan hasilnya dicatat
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Tes Kebugaran Jasmani oleh Departemen Pendidikan
Alat : Stop watch, blangko penilaian, peluit.
F. Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2010
Guru Mapel


____________________
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
3.1 Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan menghargai teman

B. Indikator
- Melakukan gerakan salto depan
- Melakukan gerakan hand stand
- Melakukan gerakan meroda
- Melakukan rangkaian meroda dan salto depan

C. Materi Pokok
Senam Lantai

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan diadakan presensi serta penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Latihan salto depan dengan bantuan dua orang teman
• Latihan salto depan dengan diawasi teman
- Latihan hand stand dengan bantuan teman
• Latihan hand stan dengan bantuan dinding
• Latihan hand stand sendiri
- Latihan meroda
- Melakukan gerakan rangkaian meroda dan salto depan
70 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dikoreksi kegiatan yang telah dilaksanakan
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Matras, aula

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan melakukan tes perbuatan.


Kartasura, ……………..…… 2010
Guru Mapel


____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………

A. Kompetensi Dasar
4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kedisiplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika.

B. Indikator
- Menyebutkan manfaat senam aerobik terhadap kesehatan
- Melakukan ketrampilan gerakan kombinasi rangkaian (minimal 8 macam gerakan) senam aerobik dengan menerapkan nilai percaya diri, tanggung jawab, kerjasama dan menghargai teman

C. Materi Pokok
Senam Aerobik
D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama dan diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan melihat VCD tentang senam aerobik serta diteruskan pembagian kelompok, pembagian tugas.
20 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Kelompok satu membuat rangkaian gerak senam aerobik yang berisi gerakan pemanasan
- Kelompok dua membuat rangkaian gerak yang bertujuan memperkuat otot lengan
- Kelompok tiga membuat rangkaian gerak yang bertujuan memperkuat oto dada, bahu dan
- Kelompok empat membuat gerakan yang bertujuan untuk memperkuat daya tahan secara keseluruhan

Menggabungkan gerakan-gerakan kreasi dari kelompok satu sampai dengan kelompok empat
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi tentang gerakan yang telah dilakukan
- Informasi-informasi
10 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : TV, VCD, kaset senam aerobik

F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan terhadap kelompok-kelompok

Kartasura, ……………..…… 2010
Guru Mapel

____________________
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………


A. Kompetensi Dasar
4.1 Mempraktikkan keterampilan gaya renang gaya dada lanjutan, gaya bebas lanjutan, gaya punggung lanjutan, gaya samping lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras, dan keberanian.

B. Indikator
- Melakukan keterampilan renang gaya dada dengan jarak 25 meter
- Melakukan keterampilan renang gaya bebas dengan jarak 25 meter
- Melakukan keterampilan renang gaya punggung dengan jarak 25 meter
- Melakukan keterampilan renang gaya samping dengan jarak 25 meter
- Melakukan keterampilan renang gaya ganti

C. Materi Pokok
Renang Gaya Ganti

D. Skenario Pembelajaran
No Kegiatan Alokasi Waktu Metode
1. Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan.
10 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2. Inti
- Teknik renang gaya dada menempuh jarak 25 meter
- Teknik renang gaya bebas menempuh jarak 25 meter
- Teknik renang gaya pungung menempuh jarak 25 meter
- Teknik renang gaya samping menempuh jarak 25 meter
- Teknik renang gaya ganti yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya punggung dan gaya samping
60 menit
Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3. Penutup
- Peserta didik dibariskan, dipresensi kembali dan dievaluasi kegiatan yang telah dipraktekkan.
- Informasi-informasi
20 menit
Ceramah
Diskusi

E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Pelampung, kolam renang
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan


Kartasura, ……………..…… 2010
Guru Mapel

____________________
NIP.