SMK Negeri 1 Pangkalpiang

Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 26 Juli 2010

11
Cara Gila Jadi Pengusaha
Motivasi Hidup No Comments »

By Purdie E.Candra Reference Buku Cara gila jadi pengusaha Virus Enterpreneur Jadi Pengusaha Sukses.

Salah satu pandangan keliru pada sebagian besar orang yang ingin memulai usaha tapi tidak juga berani melakukan apa pun untuk mewujudkan, adalah karena mereka yakin kalau memulai usaha itu harus punya uang tunai (modal uang) sebagai modal awal usaha terlebih dulu. Itu salah besar!.

Sebenarnya yang paling dibutuhkan untuk memulai usaha bukan modal uang, tapi keberanian untuk terus mencoba, memulai usaha dengan langkah nyata. Kalu perlu dengan modal mimpi. Oleh karena itu, seorang enterpreneur jangan takut bermimpi, karena mimpi kita tidak lain adalah bagian dari visi yang akan menjadikan cetak biru (blue print) kenyataan. Oleh karena, rezeki yang kita inginkan bisa mengikuti mimpi kita, bahkan dalam banyak realitas, rezeki itu berbanding lurus dengan mimpi kita.

Jadi, apabila kita sudah berani untuk memulai langkah, cobalah mewujudkan bisnis. Enterpreneur harus pantang berhenti. Yang harus dilakukan hanyalah mencoba dan terus mencoba. Untuk itu, logis kalau kita harus berani menghadapi kegagalan berulang-ulang dan anggaplah hal itu sebagai proses belajar menuju kesuksesan. Dengan demikian yang namanya kegagalan tak pernah kita kenal dalam kehidupan kita. Oleh karena di dalam diri seorang enter preneur tidak mengenal kamus gagal, yang ada hanyalah berhenti mencoba. Untuk meraik sukses seorang terus mencoba dan berani gagal lagi itu luar biasa ! jangan patahkan semangat dengan mengukur kegagalan kita tapi lihatlah berapa kali kita berani bangkit dan mencoba lagi.

Bab 1 Berani Bermimpi

Jadi enterpreneur itu memang harus berani mimpi. Bagaimana dengan Anda? Bahkan saat krisis ekonomipun, kita janganlah merasa takut bermimpi. Sebaba, kita harus yakin bahwa mimpi atau visi itu sama dengan cetak biru (blue print / rancangan) dari realita. Aartinya sesuatu yang akan menjadi kenyataan.

Bab 2 Berani Mencoba

Orang bukannya gagal, tetapi berhenti mencoba. Ungkapan ini senganja saya kedepankan. Mengapa? Karena sesungguhnya untuk dapat meraih kesuksesan dalam karier atau bisnis, setiap orang harus punya keberanian mencoba.

Bab 3 Berani Merantau

Banyak enterpreneur yang sukses karena ia merantau. Orang tegal sukses dengan wartegnya di Jakarta. Begitu juga orang Wonogiri sukses menekuni usaha menjadi penjual bakso. Orang wonosari sukses sebagai penjual bakmi dan minuman. Sementara orang padang sukses dengan bisnis masakan padangnya.

Menurut saya, keberanian merantau itu perlu kita miliki karena dengan meraantau berarti kita berani meninggalkan lingkungan keluarga, meskipun kita sudah tumbuh besar atau dewasa, namun tetap dianggap sebagai anak kecil. Sehingga hal itu akan membuat kita tergantung dan tidak mandiri. Akibat dari itu jelas, kita mudah patah semangat atau putus asa. Tidak berani menghadapi tantangn atau resiki bisnis. Kita pun akan mudah tergantung pada orang lain.

Singkatnya merantau itu akan membuat kita berjiwa tahan banting, katakanlah kalu usaha kita ternyata jatuh dan gagal, kita tidak terlalu malu, toh itu terjadi di kota lain. Dengan kata lain berusaha di kota lain akan mengurangi beban berat bila dibandingkan dengan merintis di kota kita sendiri.

Bab 4 Berani Gagal

Hanya orang yanb berani gagal total, akan meraih keberhasilan total. Pernyataan John. F. Kennedy ini sangat saya yakini kebenarannya. Itu bukan sekadar retorika, tetapi sudah terbukti dalam perjalanan hidup saya. Gagal total itu awal karier bisnis saya.

Bab 5 Berani Sukses

Hanya segelintir enterpreneur yang dapat mencapai tangga sukses teratas tanpa perjuangan dan pengorbanan. Resepnya antara lain kalau melakukan kesalahan, mereka melupakannya dan terus bekerja, hingga akhirnya mencapai kesuksesan. Menurut saya, kita sebagai enterpreneur harus selalu berani berpikiran sukses dan berani mengembangkan kepercayaan diri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar