SMK Negeri 1 Pangkalpiang

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Selasa, 27 Juli 2010

Pasar

1.Pengertian Pasar
Pasar adalah merupakan proses hubungan timbal balik antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang / jasa yang diperjualbelikan.
Alasannya tempat bertemunya penjual dan pembeli tersebut bisa dimana saja. Hal ini berarti yang membedakan pasar dan bukan pasar adalah kegiatan yang dilakukan yaitu transaksi jual beli.
2.Syarat Pasar
a.Ada Penjual
b.Ada Pembeli
c.Ada Uang
d.Ada Barang
e.Ada Tempat
3.Fungsi Pasar
a.Fungsi Distribusi
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
b.Fungsi Pembentukan Harga
Dalam fungsi pembentukan harga, pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
c.Fungsi Promosi
Dalam fungsi promosi, pasar berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang/jasa tertentu.
4.Macam-macam Pasar
a.Berdasarkan jenisnya, pasar dibedakan menjadi 2 yaitu :
1)Pasar Barang Konsumsi
Yaitu tempat untuk memperjualbelikan barang-barang konsumsi. Contohnya : barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur, dll.
2)Pasar Barang Produksi
Adalah tempat untuk memperdagangkan faktor-faktor produksi. Contohnya : mesin-mesin produksi, alat pertanian dan alat transportasi.
5.Menurut luas jaringan distribusi, pasar dibedakan menjadi :
a.Pasar Setempat
Adalah pasar yang hanya digunakan oleh anggota masyarakat yang meliputi suatu daerah kecil tertentu.
b.Pasar Daerah
Adalah pasar yang meliputi daerah tertentu, misalnya pasar-pasar di kota kabupaten.
c.Pasar Nasional
Merupakan pasar yang meliputi suatu wilayah negara tertentu.
d.Pasar Internasional
Adalah pasar yang memperdagangkan barang-barang yang penjual dan pembelinya meliputi seluruh dunia.
6.Menurut waktu bertemunya penjual dan pembeli, pasar dibedakan menjadi :
a.Pasar Harian
Yaitu pasar yang berlangsung setiap hari.
b.Pasar Mingguan
Yaitu pasar yang berlangsung seminggu/sepekan sekali.
c.Pasar Bulanan
Yaitu pasar yang berlangsung sebulan sekali.
d.Pasar Tahunan
Yaitu pasar yang berlangsung setahun sekali. Pasar ini bersifat nasional bahkan internasional.
7.Menurut sifatnya, pasar dibedakan menjadi :
a.Pasar Konkret / Nyata
Pasar ini merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Dalam pasar nyata terdapat penjual, pembeli dan barang yang diperjualbelikan dalam suatu tempat.
b.Pasar Abstrak
Adalah proses interaksi (hubungan timbal balik) yang dilakukan penjual dan pembeli dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan barang (output) yang akan diperjualbelikan.
8.Menurut hubungan proses pasar :
a.Pasar Input (faktor-faktor produk)
b.Pasar Output (hasil produk)
9.Menurut struktur/bentuk :
a.Pasar Persaingan Sempurna
b.Pasar Persaingan Tidak Sempurna
10.Peranan Pemerintah
a.Menetapkan harga dasar/eceran
b.Menetapkan harga maksimum
c.Sebagai pemberi subsidi
d.Penarik pajak
MENDESKRIPSIKAN BERBAGAI BENTUK PASAR MENURUT STRUKTURNYA :
A.PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Dengan jumlah pedagang yang sangat banyak, mereka menjual jenis dan macam barang yang hampir sama. Tentu saja mereka akan bersaing dan berusaha menarik minat para calon pembeli. Dengan itu tentu saja kamu akan berusaha mencari tahu berapa harga rata-rata barang yang dijual para pedagang. Ciri-ciri yang tampak pada pasar tersebut mendekati pasar persaingan sempurna.
Jadi pasar persaingan sempurna (perfect competition market) adalah pasar dengan banyak penjual dan pembeli sehingga harga tidak dapat ditentukan sendiri, baik oleh penjual maupun pembeli.
1.Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
a.Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak
b.Barang dan jasa yang diperjualbelikan homogen
c.Pembeli dan penjual tahu keadaan pasar dengan sempurna
d.Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
e.Faktor-faktor produksi bebas bergerak
f.Tidak ada campur tangan pemerintah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar