SMK Negeri 1 Pangkalpiang

Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 25 Januari 2011

Pemasan VS Penjualan

Dewasa ini banyak sebagian orang bahkan mungkin diri kita sendiri berpikir bahwa Penjualan dan Pemasaran adalah suatu hal yang sama dan tidak ada perbedaannya, yaitu keduanya sama sama mendistribusikan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Kita juga sering berpikir bahwa Pemasaran adalah Penjualan begitu juga sebaliknya Penjualan adalah Pemasara. Keduanya memang memiliki kaitan yang erat satu dengan yang lainnya. Pernyataan atau pemikiran seperti itu tidak sepenuhnya salah, tapi perlu diketahui bersama bahwa keduanya juga memiliki perbedaan.
Oleh karena itu, saya akan mengupas dan membahas secara menyeluruh persamaan, perbedaan dari Pemasaran dan Penjualan serta definisi dari masing – masing item tersebut, karena selain untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Dasar Pemasaran, makalah ini dibuat dengan harapan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman kita semua tentang keduanya.

1. DEFINISI PEMASARAN
Pengertian Pemasaran Menurut WY. Stanton
Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Pengertian pemasaran sumber Wikipedia.com
Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia
William J.Stanton dan Y.Lamarto dalam buku di atas menguraikan bahwa
pemasaran mencakup kegiatan :
1. Menyelidiki dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen.
2. Kemudian merencanakan dan mengembangkan sebuah produk atau jasa
yang akan mememnuhi keinginan tersebut.
3. Dan kemudian memutuskan cara terbaik untuk menentukan harga, mempromosikan dan mendistrisibusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial.
Tujuan akhir dari aktivitas pemasaran adalah untuk mempengaruhi sifat dan jumlah permintaan pelanggan terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Jika boleh disimplifikasikan, maka manajemen pemasaran adalah manajemen permintaan atas produk-produk perusahaan. Bukankah Semua kegiatan pemasaran adalah ditujukan agar produknya dapat diterima dan kemudian disenangi pasar

Untuk bisa disenangi atau diterima pasar inilah diperlukan upaya-upaya sedemikian rupa sehingga produk yang dijual benar-benar bisa memenuhi kebutuhan dan memuaskan konsumen. Upaya tersebut harus dimulai sebelum suatu produk diproduksi hingga pemberian pelayanan setelah sebuah produk sampai di tangan konsumen

2. DEFINISI PENJUALAN
Menurut Joel G. Siegel dan Joe K. Shim yang diterjemahkan oleh Moh. Kurdi, “Penjualan adalah Penerimaan yang diperoleh dari pengiriman barang dagangan atau dari penyerahan pelayanan dalam bursa sebagai barang pertimbangan. Pertimbangan ini dapat dalam benuk tunai peralatan kas atau harta lainnya. Pendapatan dapat diperoleh pada saat penjualan, karena terjadi pertukaran, harga jual dapat ditetapkan dan bebannya diketahui.

3. PERBEDAAN
Perbedaan dari Pemasaran dan Penjualan dapat dilihat dalam tabel di bawah ini

Penjualan
1. tekanan pada produk
2. perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya.
3. manajemen berorientasi ke volume penjualan.
4. perencanaan berorientasi

Pemasaran
1. tekanan pada keinginan konsumen
2. perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
3. manajemen berorientasi ke laba usaha.
4. perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan datang

III. KESIMPULAN
Dari data – data di atas dapat kita simpulkan bahwa Pemasaran lingkupnya lebih luas daripada penjualan. Penjualan hanya sekedar menjual barang sedangkan pemasaran tidak haya menjual barang saja tapi juga memikirkan barang apa yang laku di pasaran, lokasi mana yang strategis untuk toko, bagaimana sifat – sifat pembeli, bagaimana cara melakukan promosi agar barangnya bisa laku di pasaran serta berbagai strateginya. Aktivitas Penjualan baru dimulai setelah suatu barang diproduksi sedangkan aktivitas Pemasaran sudah dimulain sebelumnya. Setelah barang diproduksi, bagian pemasaran menentukan berapa harga yang akan dipasarkan, setelah itu mereka juga bertanggung jawab untuk mempromosikan barang tersebut, dan mendistribusikannya ke tangan kosumen sehingga meninggkatkan kepuasan konsumen. Dengan demikian, bagian penjualan merupakan salah satu bagian dari aktivitas pemasaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar